Lebih Baik Sekolah Umum atau Agama?

 



Sekolah umum atau agama, bagus yang mana? Tak hanya menjadi dilema bagi orang tua saja, bahkan anak atau calon peserta didik pun ikut dilema antara memilih bersekolah di sekolah umum atau sekolah berbasis agama. Tapi sebenarnya mana sih yang lebih baik? Ada sebagian orang yang bilang sekolah berbasis agama jauh lebih baik, karena dapat menciptakan pribadi yang santun dan alamin. Akan tetapi ada pula pendapat yang berbeda, sekolah umum jauh lebih baik karena peserta didik akan dapat mengembangkan skill nya secara bebas tanpa harus dibatasi. Jadi mana nih yang lebih baik?

Sekolah Umum Atau Agama

Apabila ditanya mana yang lebih baik diantara keduanya, maka jawabannya ada pilihan masing-masing. Faktanya, peserta didik akan mendapatkan pendidikan dari menempuh pendidikan sekolah. Pendidikan sekolah tersebut ada yang di sekolah umum dan ada pula di sekolah agama. Tentunya untuk memilih salah satu diantara keduanya adalah pilihan yang cukup sulit, karena bisa dikatakan keduanya sama-sama baik. Nah, tugas orang tua disini bisa membantu putra dan putrinya memilih diantara keduanya agar bakar dan minat anak-anak bisa tersalurkan dengan baik.

Seperti apa yang kita tahu, sekolah umum saja ada beberapa pilihan yang bisa menjadi pertimbangan, mulai dari sekolah swasta sampai dengan negeri. Sama hal nya dengan sekolah umum, sekolah berbasis agama pun demikian, ada yang swasta dan juga negeri, ada pula sekolah pesantren. Nah pemilihan sekolah ini sebaiknya disesuaikan dengan minat serta bakat yang dimiliki peserta didik.

Akan tetapi tak sedikit dari orang tua yang ingin anaknya mengikuti jejaknya juga. Misal, ada orang tua yang merupakan lulusan pesantren, maka mereka ingin anaknya juga masuk pesantren. Hal ini membuat terjadinya dua kemungkinan, pertama anak akan mengikuti jejak orang tua dengan bersekolah di pesantren. Atau kedua, anak tidak mau masuk pesantren. Apakah mereka salah? Tentu saja tidak ya, sekolah umum dan pesantren sebenarnya sama saja, keduanya sama-sama tempat menimba ilmu. Apa yang membedakan keduanya? Sekolah agama khususnya pesantren lebih dalam membahas tentang ilmu keagamaan. Sedangkan sekolah umum tetap ada mata pelajaran agama, tetapi tidak banyak seperti di sekolah agama seperti pesantren, hanya dalam beberapa jam saja dalam seminggu.

Namun, apabila ditanya mana yang lebih banyak dipilih? Sekolah umum cenderung lebih banyak dipilih, baik itu sekolah umum yang negeri ataupun yang swasta. Yah walaupun demikian ada banyak juga yang memilih sekolah agama.

Mengapa Memilih Sekolah Umum dan Sekolah Agama?

Ada beberapa pertimbangan yang diambil ketika dihadapkan pada dua pilihan, antara sekolah umum dan sekolah berbasis agama, antara lain:

1.      Orang tua yang menyarankan untuk bersekolah di sekolah tertentu

Sama hal dengan yang disinggung di atas, ada beberapa orang tua yang ingin anaknya menuntut ilmu di selolah tertentu, misalnya sekolah agama. Walaupun demikian, ini adalah saran saja dari orang tua, bebaskan anak-anak untuk memilih mana yang dapat menumbuhkan skill yang mereka miliki. Karena faktanya banyak sekali anak-anak yang tidak mengikuti saran orang tua nya, mereka memilih bersekolah di sekolah umum. Nah, untuk mengimbangi keduanya dengan mengikuti TPA atau pengajian ketika sore hari.

2.      Biaya pendidikan yang jauh lebih ekonomis

Pertimbangan selanjutnya ialah karena ada biaya pendidikan yang jauh lebih ekonomis. Biasanya sekolah agama jauh lebih ekonomis bila dibandingkan dengan sekolah umum. Terkadang hal ini lah yang menyebabkan orang tua lebih memilih sekolah agama daripada umum. Bahkan walaupun biayanya ekonomis, anak-anak juga mendapatkan ilmu yang umum sekaligus agama.

3.      Ilmu umum akan didapatkan di sekolah apapun, baik itu sekolah agama ataupun sekolah umum

Pertimbangan lainnya yaitu anggapan orang tua yang mana ilmu umum akan didapatkan di sekolah apapun, baik sekolah umum atau berbasis agama. Anggapan inilah yang membuat para orang tua memilih memasukkan anaknya ke sekolah berbasis agama saja, karena selain ada ilmu umumnya, anak-anak mereka juga mendapatkan ilmu agama pula. Ditambah lagi dengan sekolah agama dimana kini banyak yang sudah berstandar internasional. Sekolah agama juga ada yang memiliki status negeri, di bawah naungan Departemen Agama.

4.      Adanya hal yang membedakan antara sekolah agama dan umum

Apa yang membedakan dari keduanya? Sekolah agama akan mengajarkan peserta didik tentang akhlak, akidah, dan ibadah, juga ilmu sosial. Nah sedangkan sekolah umum, peserta didik diajarkan ilmu sosial dan ilmu agama tidak begitu dalam dan terkadang hanya teorinya saja dimana beberapa jam dalam seminggu. Dari sana ada sedikit perbedaan tentang kualitas pendidikan peserta didik, tetapi kualitas tiap peserta didik didapat dari ketekunan masing-masing.

5.      Sekolah agama dapat membuat peserta didik berbakat tartil atau mengaji

Sekolah agama memang lebih fokus pada pembelajaran agama sehingga sudah jelas peserta didik akan berbakat tartil atau mengaji dimana ini menjadi nilai plus. Sedangkan sekolah umum lebih mengacu pada pendidikan formal secara umum dimana lebih fokus mengembangkan diri dan menerapkan ilmu sosial pada lingkungan. Nah, pertimbangan ini lah yang membuat para orang tua memasukkan anak-anak nya masuk ke sekolah agama.

Sekolah Umum VS Sekolah Agama

Lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk di dalamnya sekolah ada dua jenis, yaitu sekolah umum dan agama. Secara sekilas keduanya berbeda, sekolah umum menggunakan pendekatan umum. Sedangkan sekolah agama menggunakan pendekatan melalui lembaga pendidikan madrasah yang berbasis agama.

Sekolah agama, misalnya sekolah madrasah di Indonesia sudah cukup banyak. Begitu pula dengan sekolah umum, ada begitu banyak sekolah yang bisa orang tua dan peserta didik pilih. Sekolah umum yang dipilih ada yang berdiri langsung di bawah naungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Akan tetapi, ada pula yang berdiri sendiri. Ini lah yang membuat para orang tua merasa bingung sendiri.

Sekolah madrasah sudah jelas didirikan atas dasar hasrat, motivasi, juga niat, serta semangat dalam memanifestasikan nilai dan aturan Islam. Hal ini diwujudkan dalam Visi, misi, tujuan, serta program kependidikan nya. Beda hal dengan madrasah, sekolah umum terbentuk atas dasar capaian tujuan nasional yang ada kaitannya dengan pendidikan.

Selain itu, pada sekolah agama, mata pelajaran agama memiliki turunan lagi menjadi beberapa bagian, seperti Al-Quran Hadist, akidah akhlak, fikih, Bahasa Arab, sejarah kebudayaan Islam, dan lain sebagainya sehingga peserta didik mendapat pelajaran agama Islam yang cukup dalam dan banyak dari sekolah umum. Karena itu, bisa dikatakan sekolah agama lebih mementingkan pendidikan moral dan akhlak agar mampu mrnumbuhkan generasi yang Sholeh serta Sholehah.

Keduanya sama-sama baik dan memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, mana yang dipilih, sekolah umum atau agama? Ada baiknya sesuaikan dengan keinginan peserta didik dimana dapat menunjang pengembangan skill dan menciptakan insan yang berbudi luhur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Punya Waktu untuk Menulis? Tenang, ada Ghost Writer Siap Membantu!

Kepala Sekolah Wajib Punya Surat Sakti

5 MENU CATERING YANG BISA JADI INSPIRASI ACARA KELUARGA